Skip to main content

Kenapa Ngeblog??

Blog. Rasanya sudah lama sekali di tinggalkan. Pertama kali punya blog itu saat awal semester pertama masuk kuliah. Sekitar 2006. Wew..lama banget, tapi gak bertahan lama hanya seumur jagung usia si blog. Sungguh. Setelah membuat tiga atau empat artikel, lantas alasan sibuk kegiatan kampus akhirnya blog terbengkalai. Jujurly udah pake banget gak tau soal blog.

Inget banget dulu waktu pertama kali ngeblog aku nulis soal tips persahabatan. Soalnya waktu itu baru banget ketemu sahabat di kampus. Yap..sahabat yang sampai sekarang udah kurang lebih 13 tahun masih bersilahturahmi. Tapi blognya udah bye..bye duluan.

Akhir bulan Februari 2019 lalu akhirnya aku putusin buat melatih diri di bidang "kepenulisan". Passionnya aku dulu yang sekarang mulai mau di bangun lagi. Sampai aku ikutan program kepenulisan gitu, bareng Nulis Yuk yang temanya tentang menulis diary. Nah tugasnya itu kita bisa nulis di Ig/FB/atau blog dan sebagainya yang kemudian linknya di kirim lewat google form. Awalnya sih aku mulai nulis di Ig tapi karena feednya terbatas jadi gak ngalir juga. Akhirnya tulisanku itu harus ada yang  di cut supaya muat. Sampai salah satu temen kelas nulis di blog dan dia  cuma nulis linknya aja. Dikepoinlah itu tulisannya. Wow ternyata dia nulis di blog. "Wah..kayaknya seru juga ya kalo nulis di blog" pikirku. Akhirnya dengan modal jabanin hari ke dua aku harus setor tulisan, dan mulai memberanikan diri nulis di blog. Meskipun udah gaptek banget, secara sekarang sehari-hari cuma berkutat sama bocah. Tapi akhirnya tetap nekad dan bikin blog di HP karena gak punya WiFi di rumah. Notebook peninggalan jaman kuliah pun udah lama banget gak di sentuh. Alhasil pakai smartphone aja yes. Meskipun si smartphone ini masih level STD aja tapi lumayan bisa dipergunakan buat bikin blog pertama aku di tahun 2019. Gak ngerti juga sih. Saat itu ya sudah gak terlalu care sama itu, karena bener-bener cuma buat nulis aja.

Balik lagi kenapa harus nulis di blog. Selain karena alasan pertama buat ngirim tugas. Alasan kedua karena pengen banget ngumpulin nyali buat punya tulisan yang berfaedah buat yang baca.

Kenapa sih ngeblog?

🔍 Buat terapi pribadi. Daripada tiap hari emosi jiwa saat gak bisa kontrol anak-anak, mending energinya dipake buat nulis hal yang baik. For what?? Ya buat diri sendiri supaya 'lebih waras' menghadapi hari-hari.

🔍Ngeblog menurut aku bisa melatih kreatifitas kita dan mau gak mau jadi belajar lagi. Belajar supaya lebih rapih dan tertata tulisannya.Penting juga kayaknya sekarang nulis blog dengan tampilan yang kece. Nah jadi mau gak mau kita kayak harus melek teknologi dong.  Biar kata umur udah kepala tiga. Kayaknya gak ada yang salah deh dari mempelajari teknologi biar gak gaptek. Well, kedepannya kita bisa ajarin anak kita juga kan kalo seandainya mereka tertarik nulis blog. Gak ada yang sia-sia percayalah.

🔍Nulis blog juga bikin aku terlatih buat paham tentang gimana karakter pribadi, karena biasanya saat aku baca blog orang lain, itu kayak lagi ngobrol sama si penulis. So, i think interesting banget ngeblog itu.

🔍 Buatku yang terpenting, nulis blog sama dengan produktif. Why? Itu karena aku rasain sendiri. Kadang saat suntuk atau gak ada kerjaan biasanya apa sih yang dilakuin emak-emak selain dengerin gosip. Ah gak jelas banget. Mending waktunya dipake buat nulis. Siapa tau, tulisan kita bisa menginspirasi orang banyak. Ya gak sih?? Lebih baik produktif nulis daripada produktif hal yang bisa bikin julid. Asyiaaappp.

🔍Dari ngeblog aku juga pengen banget bangun personal branding. Sebagai penulis pemula aku pengen orang-orang 'ngeh' sama gaya tulisanku. Jadi mereka bisa mulai tertarik membaca tulisan-tulisanku yang lain.

Jadi kenapa aku harus ngeblog? Jawaban simplenya karena aku 'butuh'. Butuh produktifitas yang bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jadi, aku putuskan mulai sekarang untuk berani nulis aja dulu. Blog adalah salah satu medianya. Yuk ngeblog!

Comments

Popular posts from this blog

19 Februari 2019

Dear Diary... Hari ini seperti biasanya aku mengerjakan semua tugas rumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga yang kali ini bukan hanya mengurus  dua orang anak laki-laki, tapi juga harus mengurus satu orang anak perempuan. Ya. Anak perempuan itu adalah salah satu keponakan ku yang sejak awal tahun 2019 ini bersamaku. Sedikit cerita, ia pernah putus sekolah karena suatu hal yang terjadi di rumah tangga keluarganya. Namun sekarang telah berakhir. Kemudian aku putuskan mengambil alih tanggung jawab orang tuanya. Keputusan itu di 'amini' oleh suamiku. Alhamdulillah aku bersyukur sekali Pak suami mau menerima keponakanku. Hari ini adalah Minggu kedua gadis kecil itu bersekolah. Ia melanjutkan sekolah di tempat anakku juga menimba ilmu. Saat waktu pulang sekolah tiba, aku melihat sinar matanya yang sayu melihat ke arah ibu-ibu yang juga berkumpul tengah menjemput anak-anak mereka. Mungkin gadis kecil itu merindukan ibunya. Aku paham. Ku peluk sejenak dan memberikan semangat. ...

20 Februari 2019

Dear diary, ku ingin cerita kepadamu....awaass jadi nyanyi tahan boss. Hari ini seperti biasa kerjaan emak-emak rempong yang bangun jam 4.30 wib padahal semalem baru bisa tidur jam 1.30 wib, 'ulala sepet mata' tapi lanjut karena banyak PR menunggu. Dengan mata yang masih mengantuk, selesai solat subuh langsung mamak pergi ke dapur. Oke, cek stok makanan aman. 'yuk mari masak!'. Alhamdulillah anak-anak jam 5 pagi udah pada melek jadi gak usah susah-susah bangunin buat solat. "Kenzie....Naomi.....sarapan" si kecilku Kenzou masih bobo manja. 'Biarin dulu deh mayan bisa ngerjain yang lain sebelum ade bangun'. Selesai membuat sarapan lanjut membuat bekal sekolah. "Ok done pemirsa" Pak suami lantas mengantar anak-anak pergi ke sekolah. Si kecil bangun. Lanjut urusin baby Kenzou. Umurnya emang udah 2.5th tapi aku suka aja panggil dia 'baby' soalnya wajahnya masih kayak bayi. Jadi pengen ngunyel-ngunyel terus. Dia hiburan saat diri meras...

26 Februari 2019

Dear diary, Hari ini kayaknya hari yang rempong. Mulai dari sekolah sampai tangisan baby Kenzou. Super arrggghhh kelakuan si kecil. Tumben. Ok sepeti biasanya pagi-pagi gak jauh-jauh dari nyiapin sarapan para crew-cils , nyiapin buat mandi, ya bajunya, ya bekal sekolahnya. Yuppp pokoknya tiap hari kek gitu. Jadi sebenernya mamak udah mulai biasa, yang gak biasa adalah rewelnya Kenzou hari ini. Duuh tiada hari tanpa nangis kayaknya. Jujur ya, ini tuh gak Kenzou banget. Soalnya biasanya di rumah dia kayak pelawak. Contoh simpelnya kemarin ada aja jawabannya bayi itu waktu mau di marahin dydynya saat ketauan main air. "Ade...kamu main air ya" dydynya hampir marah. Padahal sih nggak juga-ngetes, pura-pura marah. "Ndak, ade gak main air. Ade mau solat" langsung lah dia beneran solat meski tanpa celana panjang. ' Ampuuuun ' Doong seketika dydynya tertawa geli ngeliat kelakuannya. Apalagi pas dililiatin anak bayi itu ngelirik juga memastikan. Setelah ...